Sabtu, 14 April 2012

Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis

Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:


a.  Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
    Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk       yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.

b.  Menurunkan biaya operasional (operating cost).
     Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam                  komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji   yang berlebihan, dan lain-lain tidak            perlu terjadi

c.  Melebarkan jangkauan (global reach).
    Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena       semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.

d.  Meningkatkan customer loyalty.
     Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan                  informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap        waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.

e.  Meningkatkan supply management.
     Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada      jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan                      pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.

f    Memperpendek waktu produksi.
     Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan      bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu            karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam        komputer.

sumber : http://jurnal-sdm.blogspot.com 

Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997)

Dapat ditinjau dalam 3 perspektif berikut :

1.  Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran        melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.

2.  Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang
     menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.

3.  Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan,                  konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas           barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.

4.  Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun      informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

sumber :  http://jurnal-sdm.blogspot.com